inspirasi ukhti blog

Cara Memilih Serum Untuk Mencerahkan Wajah Yang Tepat

Posting Komentar
Serum mencerahkan wajah

Serum dengan kandungan brightening agent seperti vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin bisa membantu mencerahkan kulit kusam, meratakan warna kulit, dan efektif mengurangi bekas jerawat. Meski demikian, kandungan tambahan yang ada didalam serum perlu disesuaikan dengan permasalahan kulit kamu. Lantas, serum pencerah wajah mana yang cocok untuk kulit kusam yang kering, berminyak, atau sensitif? 

Cara Memilih Serum Untuk Mencerahkan Wajah

Untuk memudahkan kamu memilihnya dan agar tak keliru, berikut ini akan dibagikan cara memilih serum untuk mencerahkan wajah yang tepat. 

 1. Untuk Segala Jenis Kulit

Baik kulit kering atau berminyak, untuk kulit kusam, bisa menggunakan serum yang mengandung exfoliating agent. Baik kulit kering ataupun berminyak, untuk mengatasi kulit kusam membutuhkan pendekatan yang tepat. 

Salah satu kunci untuk membantu memperbaiki tampilan kulit kusam adalah menggunakan serum dengan kandungan exfoliating agent. Sebab, kandungan ini akan membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak tak bercahaya dan kusam. 
  • Jika kulit kamu tidak sensitif, bisa pilih serum dengan kandungan AHA maksimal 10%. Pemilihan AHA untuk menangani masalah kulit kusam merupakan pilihan yang tepat. AHA akan melarutkan sebum sehingga bermanfaat untuk kulit wajah berminyak. Selain itu, AHA pun memiliki efek melembapkan (humektan) yang baik untuk kulit kering. 
  • Namun, jika kulitmu sensitif, bisa menggunakan serum yang mengandung BHA (salicylic acid) ≤ 2%. Kulit sensitif membutuhkan bahan aktif yang lebih mild, apalagi jika kamu baru pertama kali menggunakan serum eksfoliasi. Apabila dibandingkan dengan AHA, BHA dengan konsentrasi rendah memiliki risiko iritasi yang lebih kecil. 

 2. Pilih Serum Dengan Kandungan yang Mencerahkan

Jika kamu memiliki masalah noda hitam, pilih serum dengan kandungan utama untuk mencerahkan wajah yang sesuai kondisi kulit kamu. 

Bagi kamu yang bermasalah dengan flek hitam, memilih serum dengan kandungan utama untuk mencerahkan wajah yang sesuai kondisi kulit sangat penting. 

Berbagai jenis bahan aktif memang menawarkan manfaat spesifik yang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit wajah, akan tetapi tidak semua bahan aktif tersebut cocok untuk setiap jenis kulit. 
Karena itu, memahami kondisi kulit kamu dan memilih serum dengan bahan yang sesuai akan memberikan hasil yang lebih efektif dan aman. 
  • Untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah, utamakan pilih serum dengan kandungan alpha arbutin baik dengan atau tanpa kombinasi bahan pencerah lain. Alpha arbutin sendiri adalah turunan dari hydroquinone yang masih memberikan hasil optimal dengan risiko efek samping jauh lebih rendah dibandingkan hydroquinone. 
  • Untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat, utamakan pilih serum dengan kandungan niacinamide Pada kulit yang berjerawat, jerawat meradang dan flek hitam bekas jerawat tak jarang muncul bersamaan. Oleh karena itu, niacinamide merupakan bahan aktif yang paling ideal untuk membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat sekaligus mampu meradakan peradangan, serta mengontrol kelebihan minyak dan melembapkan kulit. 

 3. Pilih Serum dengan Kandungan Retinol untuk Anti Aging

Jika kamu bermasalah dengan kulit kusam yang disertai tanda aging, prioritaskan serum yang mengandung vitamin C atau retinol Seiring dengan bertambahnya usia, maka kelembapan alami kulit akan semakin menurun sehingga membuat kulit menjadi kering. Kemudian, regenerasi kulit pun jadi lambat, sehingga kulit terlihat kusam dan lapisan – lapisan kulit yang berpigmen menumpuk. 

Hal itu membuat noda hitam terlihat jelas. Namun sayangnya, seiring bertambahnya usia, proses regenerasi kulit akan melambat, bahkan hanya terjadi 40-60 hari sekali saja. Nah, pada waktu yang bersamaan, produksi kolagen di kulit pun berkurang. Hal itu membuat kulit jadi kurang elastis dan terlihat berkerut. 

Untuk merawat noda di hitam di wajah yang disertai tanda aging lain, sebaiknya kamu menggunakan serum yang mengandung vitamin C atau produk dengan kandungan turunan retinoid, misalnya retinol. 
  • Untuk pemakaian di pagi hari : kandungan vitamin C atau ascorbic acid dikenal sebagai salah satu bahan pencerah yang efektif. Bahkan lebih dari itu, vitamin C memiliki efek antioksidan optimal. 
  • Untuk pemakaian di malam hari : retinol adalah turunan dari retinoid yang paling mudah ditemukan di pasaran. Retinol akan bekerja dengan mendorong regenerasi sel kulit sehingga muncul kulit baru dengan karakteristik yang lebih bagus. 
Dengan menerapkan cara diatas, kamu tentu bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Memilih serum yang tepat merupakan langkah penting untuk bisa mendapat kulit yang tampak lebih cerah dan bercahaya.
Nah, agar tidak salah pilih, yuk beli aja Naturally Speaking Flawless Guava Dark Spot Serum! Serum dengan kandungan esktrak jambu yang powerful ini dapat membantu menyamarkan flek hitam sekaligus memperbaiki warna dan tekstur kulit wajah yang tidak merata. 

Selain itu, serum ini juga memiliki klaim dengan kandungan Anti Aging dan Skin Nutrition yang dapat menghambat tanda – tanda penuaan dini kulit dan menjaga kesehatan kulit sebanyak 3 kali. Bahkan, serum ini pun dilengkapi kandungan moisturizing agent yang memberikan 5 kali efek lembab, sehingga kamu tak perlu khawatir kulit kering atau iritasi.
Anis Khoir
Seorang content creator yang juga Mom Blogger Tuban. Bisa dihubungi di achmianisa@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar