syukur-dalam-keadaan-apapun
kontemplasi

Syukur Dalam Keadaan Apapun

Syukur merupakan kata yang mudah sekali diucapkan tetapi sulit dilakukan. Diperlukan ikhlas untuk bisa secara tulus bersyukur terhadap pemberianNya. Dalam keadaan berkecukupan kadang terlena dan lupa untuk bersyukur. Atau sebaliknya, saat kesusahan lebih banyak mengeluh. Padahal Allah telah berjanji dalam firmanNya “Siapa yang bersyukur, maka nikmatnya akan ditambah”. Sehingga suatu keharusan untuk bersyukur dalam keadaan apapun.

Hidup ibarat roda yang terus berputar. Perjalanan roda tidak selamanya berada diatas karena suatu saat bisa disamping bahkan dibawah. Ketika berada dibawah bukan alasan untuk tidak bersyukur. Karena jika menghitung nikmat Allah SWT yang harus disyukuri tentu manusia tidak akan bisa menghitungnya. Nikmat berikut hanya sebagian saja yang harus disyukuri. Masih banyak nikmat lain yang tidak akan sanggup manusia menyebutkan satu persatu.

Nikmat iman
Berada dalam ketaatan dan keimanan Islam merupakan nikmat yang luar biasa. Karena iman adalah sumber ketenangan dan kebahagian dunia dan akhirat. Melalui keimanan itulah seseorang memiliki tujuan hidup serta pedoman dalam hidupnya. Sehingga dalam hidup tidak akan kehilangan lentera yang menerangi hidupnya.

Nikmat Sehat
Kesehatan merupakan nikmat yang sering dilupakan seseorang. Menyadari pentingnya sehat baru ketika ditimpa sakit. Bayangkan saja jika sedang mengalami permasalahan dalam pernafasan dan harus menggunakan bantuan tabung oksigen. Berapa saja biaya yang harus dikeluarkan jika diukur dengan materi. Belum lagi ketidaknyaman serta berbagai kendala yang dihadapi hanya satu saja nikmat kesehatan pernafasan. Belum lagi nikmat melihat, mendengar, berbicara dan masih banyak lainnya.

Nikmat keluarga
Memiliki keluarga yang utuh dan anak-anak yang sholeh, sehat dan taat pada orang tua adalah nikmat yang patut disyukuri. Bayangkan saja bagi yang menginginkan anak tapi belum diberi amanah, berapa banyak materi yang dikeluarkan untuk program anak. Misalkan saja bayi tabung yang sekarang mencapai 60 juta rupiah. Belum lagi waktu dan tenaga yang diperlukan selama upaya bayi tabung. Dan itupun bukan jaminan akan berhasil. Maka ketika memiliki keluarga yang utuh serta anak dan keluarga yang bahagia sesungguhnya itu merupakan nikmat yang luar biasa.

Harta yang cukup.
Bicara harta yang cukup tentu relatif. Harta untuk seseorang cukup belum tentu bagi saya cukup. Namun ukurannya yang pasti jika untuk kebutuhan dasar yaitu kebutuhan primer bisa terpenuhi maka sudahlah cukup. Islam mengajarkan umatnya untuk hidup zuhud dalam menghadapi dunia. Kezuhudan inilah yang mengajarkan umatnya untuk bersyukur bagaimanapun keadaannya. Misalkan saja bagi petani yang hidup di desa mata pencahariannya tergantung hasil pertanian. Namun akhir-akhir ini nasib petani diuji dengan hasil pertanian yang tidak sebanding dengan biaya dan tenaga yang dikeluarkan. Disinilah ujian syukur itu sesungguhnya. Tetap bersyukur meskipun dalam keadaan sesulit apapun.

Syukur adalah sebentuk wujud terima kasih terhadap apapun pemberian Allah SWT kepada hambaNya. Ketika seseorang dapat syukur dalam keadaan apapun bukan hanya ketenangan yang didapat dalam hidupnya tapi juga menambah level keimanannya. Dan semoga kita termasuk orang yang selalu bersyukur dalam keadaan apapun.

2 thoughts on “Syukur Dalam Keadaan Apapun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *