5 Perkara sebelum 5 perkara
kontemplasi

Ingat 5 Perkara Ini Sebelum Datang 5 Perkara Lainnya

Sebagai seorang muslim memiliki hidup yang baik adalah kewajiban. Bahkan ada yang mengibaratkan kehidupan muslim itu seharusnya seperti seekor lebah. Kecil, namun bisa memberikan kemanfaatan bagi umat lain (manusia) melalui madunya. Untuk memberikan kemanfaatan kepada lingkungannya terutama, tentu bukan perkara mudah. Maka untuk bisa menjadi muslim yang baik harus berjalan sesuai pedoman hidup Islam yaitu Al- Quran dan Hadist Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW dalam hadisnya bersabda : “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: (1)waktu mudamu sebelum datang masa tuamu (2)waktu sehatmu sebelum datang masa sakitmu (3) masa kayamu sebelum datang masa fakirmu (4) masa luangmu sebelum datang masa sibukmu (5) Hidupmu sebelum datang matimu” (HR. Al-Hakim).

  1. Secara sederhana penjelasannya sebagai berikut :
    Waktu mudamu sebelum datang datang masa tuamu. Banyak sekarang anak muda yang berprinsip bahwa mumpung masih muda maka saatnya berfoya- foya. Mereka banyak yang melupakan bahwa pada akhirnya mereka akan tua. Pada masa tua inilah penyesalan mengapa mereka tidak memanfaatkan masa mudanya untuk berprestasi dan mengukir karya. Ibarat nasi sudah menjadi bubur, sehingga di masa tuanya hanya bisa memanen apa yang di tanam pada masa mudanya.
  2. Masa sehatmu sebelum masa sakitmu. Ketika orang sehat akan lebih menyepelekan alarm tubuh untuk istirahat. Bahkan ketika mendapatkan penyakit yang ringan seperti anyang-anyangan misalnya tidak memperdulikan. Baru ketika sakit telah parah mereka baru ingat betapa penting menjaga kesehatan dan ingat masa sehatnya tidak dimanfaatkan dengan baik.
  3. Masa kayamu sebelum datang masa fakirmu. Ketika dititipi rejeki yang melimpah seseorang akan cenderung hidup mewah dan lupa untuk beramal. Padahal ibaratnya, hidup itu layaknya roda yang berputar. Kadang berada di atas kadang juga berubah menjadi dibawah. Ketika telah jatuh fakir mereka baru menyesal tidak memanfaatkan dengan baik harta yang dimilikinya.
  4. Masa luangmu sebelum masa sibukmu. Ketika berada pada masa luang orang cenderung untuk bersantai dan menunda pekerjaan. Lama-lama kelamaan pekerjaan yang tertunda kan menumpuk. Maka disaat itulah keinginan untuk bisa mempunyai waktu luang dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik tinggal keinginan saja.
  5. Hidupmu sebelum datang matimu. Ibaratnya kita hidup di dunia ini hanya berhenti sejenak untuk selanjudnya menuju kampong hakiki yaitu akhirat. Namun banyak yang lupa akan proses menuju ke sana yaitu kematian. Sehingga ketika hidup lebih banyak waktunya dimanfaatkan untuk persiapan hidup didunia yang ntabene hanya sementara. Dan ketika kematian di depan mata, barulah menyesal dan ingin memperbaiki hdupnya namun semuanya sudah terlambat.

Setiap apapun yang disampaikan baginda Rasulullah adalah kebenaran. Termasuk hadist diatas jika kita renungkan ada nasehat penting agar hidup yang ternyata singkat ini lebih bermakna dan banyak karya.

1 thought on “Ingat 5 Perkara Ini Sebelum Datang 5 Perkara Lainnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *