kontemplasi

Jangan Makan Daging Saudaramu dengan Ghibah

Bisa dibilang selain sinetron, acara yang paling laris di tv adalah acara gosip. Acara yang menghadirkan berbagai sisi selebritis dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, dari mulai masak sampai makan-makan atau dari awal pacaran sampai perceraian. 

Bagi ibu-ibu khususnya, kisah hidup selebritis jadi buah bibir dimana-mana. Ketika mengantar anak, membeli sayur dan chat grup WA pun bisa dibawa. Dari mulai menyukai atau sampai turut memberi sumpah serapah yang sebenarnya juga tak tahu kebenarannya.

Dalam hadistnya Rasulullah mewanti-wanti untuk tak bergosip ria. Bahkan beliau secara gamblang mengibaratkan orang yang membicarakan orang lain seperti memakan bangkai saudaranya itu.

Selain itu jika apa yang kita bicarakan benar  itu termasuk ghibah, sedangkan jika apa yang dibicarakan hanya isapan jempol atau sebuah kebohongan maka itu adalah fitnah. Dan memfitnah jelas dikatakan lebih kejam dari membunuh.

Jika demikian bagaimana jika mengetahui ada yang tak benar dari seseorang?.  Kewajiban yang utama adalah menasehati orang tersebut bukan malah membicarakan atau menggosipkan. Kalaupun tak mampu untuk melakukannya yaitu berdoa untuk kebaikannya. Sapa tahu melalui perantara doa yang kita ucapakan orang tersebut bisa berubah ke arah kebaikan.

Yuk say no to ghosip…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *