Info

Inilah 6 Adab Sebelum Tidur Dari Rasulullah

Dalam Islam, makna ibadah bukan saja bentuk penyembahan makhluk kepada Tuhannya. Makna ibadah sangat luas. Dan apapun yang dilakukan sepanjang dalam ranah kebaikan dan mengharapkan ridho-Nya tergolong sebagai ibadah. Tak terkecuali dengan tidur.
Tidur yang merupakan aktifitas yang dibutuhkan manusia sebagai sarana untuk mengembalikan tenaganya. Secara makna, tidur bukanlah ibadah. Tapi jika tidur dilakukan sesuai dengan tata cara yang dicontohkan Rasulullah, dan sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada Allah maka tidurpun dapat bernilai ibadah.
Ada beberapa adab yang dianjurkan Rasulullah sehingga tidur bernilai ibadah.
1. Niat karena Allah. Tidur yang dilakukan dengan tujuan agar badan kembali segar sehingga dapat lebih giat beribadah.
2. Dimulai dengan berwudhu. Tidur diibaratkan dengan mati sementara. Maka dalam tidur kita tak tahu apa yabg terjadi. Maka melalui wudhu sebagai cara mensucikan diri dan meminta perlindungan Allah dari godaan syetan.
3. Membersihkan tempat tidur. Tempat tidur atau kasur tempat kita berbaring disarankan untuk dibersihkan terlebih dahulu dengan mengibasnya tiga kali.
4. Membaca dzikir yang disunahkan dibaca sebelum tidur.
5. Memiringkan tubuh menghadap ke kanan.
6. Berniat untuk bangun lebih awal keesokan harinya.
Sebenarnya masih banyak adab yang bisa dilakukan sebelum tidur. Semoga yang sedikit ini bisa jadi bahan refleksi untuk saya dan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *